Beranda Berita Terkini Richard Sualang Lantik Panitia Pra PON ke-21 Arung Jeram di Sulut

Richard Sualang Lantik Panitia Pra PON ke-21 Arung Jeram di Sulut

287
0

Minahasa, PALAKAT.id – Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sulut, Richard Sualang melantik panitia pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) cabang olahraga (Cabor) Arung Jeram, bertempat di rumah dinas Bupati Minahasa, Sabtu (13/5/2023).

Dalam sambutannya, Richard Sualang mengatakan, pengurus FAJI nasional maupun daerah sangat bersyukur arung jeram ini akan dipertandingkan di ajang PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

“Karena di PON ke-20 di Papua lalu venue tidak memungkinkan sehingga dibatalkan,” kata Richard.

Richard menjelaskan, setahun sebelum penyelenggaraan PON ada 39 cabor yang akan dipertandingkan akan melaksanakan pra kualifikasi termasuk arung jeram.

“FAJI sudah memutuskan untuk mengadakan PraPON, dari 30 provinsi ada 12 provinsi yang akan bertanding di PON nanti,” katanya.

Sulut ditunjuk sebagai tuan rumah zona timur untuk melaksanakan pra PON, ada 9 provinsi tapi diperkirakan hanya ada 6 tim yang akan bertanding di pra PON ini.

“Asesmen dan kesiapan fasilitas sudah disetujui dan resmi ditunjuk yakni sungai Nimanga, desa Timbukar, Kecamatan Sonder, Minahasa,” ujar Richard.

Menurut Richard, arung jeram merupakan olahraga masa depan dan menghibur.

“Kami melihat olahraga arung jeram sudah menjadi bagian dari ekoturisme, olahraga yang mendekatkan diri dengan alam bebas,” tutur Sualang.

Dirinya juga berharap dengan adanya agenda besar Pra PON Arung Jeram di Minahasa ini bisa menjadi salah satu sarana promosi pariwisata yang ada di Sulut, khususnya Kabupaten Minahasa.

“Dengan momen seperti ini, berkat dukungan Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut. Kita berupaya agar desa Timbukar menjadi perhatian dunia pariwisata dengan iven arung jeram pra PON ini. Kami ingin meningkatkan kepedulian terhadap olahraga arung jeram di Minahasa dan Sulut,” pungkas Richard Sualang yang juga Wakil Wali Kota Manado ini.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini