Beranda Uncategorized Pj Bupati Jemmy Kumendong Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Pemkab Minahasa

Pj Bupati Jemmy Kumendong Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Pemkab Minahasa

85
0

Minahasa, PALAKAT.id – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Kumendong bertindak sebagai inspektur upacara (irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemkab Minahasa, Senin (2/10/2023).

Upacara ini juga dirangkaikan dengan hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2023.

Pj Bupati Minahasa Jemmy Kumendong membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara menfatakan puji ayukur terhadap Tuhan YME menyampaikan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila bagi seluruh masyarakat di Sulut khususnya Minahasa.

“Semoga Pancasila akan terus mampu menjadi penuntun bagi kita semua dalam mengisi kemerdekaan, termasuk menjaga batik warisan budaya Indonesia, serta meneruskan perjuangan bangsa menuju cita-cita, kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Selama ini, Pancasila masih menjadi pemandu seluruh bangsa Indonesia, menjadi Ideologi dan Dasar Negara Indonesia, menjadi sumber hukum dasar nasional secara konstitusional mengatur NKRI beserta seluruh unsur-unsurnya, termasuk rakyat, wilayah, dan pemerintahan Negara.

Lanjutnya, Pancasila yang digagas oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia, meski kita masih belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Kita akui eksistensi ke-Indonesia-an, baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila ini,” kata Kumendong.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, karena dasar begara kita harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Oleh karena itulah, dalam momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara, untuk lebih memahami dan mentransformasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, ke dalam setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga Pancasila akan tetap kokoh sebagai Dasar Negara, Ideologi, atau Falsafah, dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, saat ini kita sedang diarahkan untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk membawa Indonesia pada kemajuan.

“Kita pahami SDM unggul tidak hanya pada satu bidang tertentu, akan tetapi SDM yang unggul yaitu mampu menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam semangat proklamasi menuju tujuan nasional bangsa,” bebernya.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya memberikan apresiasi, atas dukungan semua ASN dan THL dalam agenda-agenda HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara termasuk Kabupaten dan Kota. Dan saya yakin, untuk agenda-agenda ke depan, kita akan tetap saling dukung, saling topang, terus berkerja Hebat, untuk Sulut yang lebih maju,” pungkasnya.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini