Beranda Berita Pilihan Perusakan Wale Paliusan Laroma, Ketua MLKI Angkat Bicara

Perusakan Wale Paliusan Laroma, Ketua MLKI Angkat Bicara

789
0

Engkus Ruswana, Ketua MLKI

PALAKAT.id – Engkus Ruswana Ketua Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (MLKI) angkat bicara soal aksi anti keberagaman dan intoleransi terhadap penghayat kepercayaan melalui perusakan rumah pertemuan atau Wale Paliusan Lalang Rondor Malesung (Laroma) yang terjadi di Desa Tondei Dua Jaga II, Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara pada 21 dan 22 Juni 2022 lalu.

Menurut Engkus, perusakan itu adalah tindakan kriminal yang harus diusut tuntas pelaku maupun tokoh intelektual di belakangnya, dan diadili, karena dilihat dari latar belakangnya menurut informasi, disebabkan adanya hasutan dari rohaniwan setempat yang menuduh tempat tersebut sebagai gereja pemuja setan.

“Tindakan penghasutan dan perusakan adalah tindakan melanggar hukum yg harus diadili”, ungkapnya, via Whatsapp ke awak media ini, Jumat (24/6/2022) dini hari.

Dia juga menambahkan dan menegaskan bahwa Laroma adalah organisasi legal dan sudah terinventarisasi di pemerintah pusat cq Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan juga sudah terdaftar di Kabupaten Minahasa Selatan.

Laroma mewadahi masyarakat yang masih meyakini agama/kepercayaan leluhur Nusantara, khususnya leluhur suku Minahasa yang disebut kepercayaan Malesung. Jadi, menurutnya, tidak benar organisasi ini sebagai pemuja setan.

“Keberadaan Laroma dan eksistensi penghayat kepercayaaan Malesung dijamin Konstitusi dan dilindungi peraturan perundang-undangan yang berlaku”, tutup pejuang penghayat kepercayaan itu.(swd/pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini