Beranda Berita Terkini BBPOM Manado Uji Sampel Keliling Makanan Takjil di Manado

BBPOM Manado Uji Sampel Keliling Makanan Takjil di Manado

286
0

Manado, PALAKAT.id – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Manado melakukan uji sampel keliling makanan takjil yang dijajakan di Manado, Senin (3/4/2023).

Pengambilan uji sampel makanan takjil ini dilakukan di dua titik yakni di jalur sepanjang jalan Piere Tendean Boulevard dan Kawasan Megamas dan sekitarnya 28 sampel (pangan takjil buka puasa).

Tim kedua di wilayah Kampung Arab Kelurahan Istiqlal, Kelurahan Ketang Baru, Banjer dan sekitarnya 29 sampel (pangan takjil buka puasa).

Kepala BBPOM di Manado, Hariani mengatakan pengujian sampel makanan menggunakan rapid test kip terhadap bahan berbahaya.

“Pengujian saat ini hanya melihat teaksi warna saja, sedangkan jika ditemukan bahan berbahaya akan dikonfirmasi di laboratorium. Dan saat ini makanan yang ada telah memenuhi syarat, bebas dari bahan berbahaya metanyl yellow, rhodamin B, Boraks dan Formalin,” kata Hariani.

Selain itu, Hariani juga mengimbau agar masyarakat baik yang menjual maupun pembeli harus menjaga dan melihat mutu makanan.

“Untuk para pedagang takjil tentu harus menjaga kualitas dan higienis makanan, begitu juga pembeli harus teliti. Dan yang paling penting jangan ada kontak langsung ketika memegang uang kemudian memegang makanan,” pungkasnya.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini