Beranda Minahasa Selatan Siap Gelar Musdes APBDes Perubahan, BPD Tondei Satu Minta Pemdes Serahkan Dokumen...

Siap Gelar Musdes APBDes Perubahan, BPD Tondei Satu Minta Pemdes Serahkan Dokumen Resmi

170
0

Minahasa Selatan, PALAKAT.id – Menunjang program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat baik pembangunan fisik dan non fisik di desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tondei Satu merespon surat yang sebelumnya sudah dilayangkan pihak Pemerintah Desa (Pemdes) yang meminta untuk membuat Musyawarah Desa (Musdes) untuk pembahasan perubahan Aggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022.

Bertempat di kediaman keluarga Manese-Lumenta, BPD menggelar musyawarah membahas persiapan kegiatan, Desa Tondei Satu, Kecamatan Motoling Barat, Minahasa Selatan, Minggu, 06/11/2022.

Acara yang dimulai pada jam 7 malam ini, diawali dengan doa. Selanjutnya Hanli Mogogibung sebagai ketua bpd langsung mengarahkan jalannya proses yang memakan waktu hingga pukul setengah sepuluh.

Terjadi diskusi yang menghasilkan beberapa kesepakatan yang dituangkan lewat berita acara BPD yang memuat pihak pemdes harus menyerahkan dokumen resmi sebelum dimulainya Musdes yang direncanakan dilaksanakan pada hari Rabu, 9 November 2022.

Sekretaris BPD menuturkan, ada beberapa hasil kesepakatan yang wajib disediakan pemerintah desa untuk memperlancar jalannya proses musyawarah nanti.

Selanjutnya dia menambahkan mereka juga telah membentuk panitia musdes mengikuti aturan yang berlaku.

“Dokumen yang diminta sesuai hasil musyawarah BPD, pemdes menyiapkan; Perdes RKPDes 2022, Perdes LPJ 2021, Ranperdes perubahan APBDes 2022, Perdes RKPDes 2022, dan Perkades penjabaran APBDes 2022. Itu dia adalah dokumen yang akan dibahas dalam Musdes pada hari Rabu. Untuk panitia, telah diputuskan sebagai ketua akan dijabat oleh sekretaris bpd, unsur bpd diwakili oleh Elly Wongkar, unsur pemerintah desa Jelli Manarisip, unsur LKD Nova Oping,” jelas Riki Manese.

Dia juga menyebutkan bahwa pihaknya akan melayangkan surat kepada pemerintah desa untuk pengadaan fasilitas musyawarah juga menyebutkan agenda kegiatan yang sudah disusun.

“Kami akan memberikan surat resmi kepada pemerintah desa untuk mempersiapkan fasilitas menunjang jalannya kegiatan dan untuk agenda pembahasan terkait dengan evaluasi pelaksanaan kegiatan APBDes tahun 2022 untuk APBDes perubahan dan ada beberapa agenda tambahan yang nantinya akan berkembang dipalaksanaan Musdes,” tutup Sekretaris BPD.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini