Beranda Berita Terkini Sekda Minahasa Sebut Peran UMKM Dongkrak Perekonomian Daerah

Sekda Minahasa Sebut Peran UMKM Dongkrak Perekonomian Daerah

130
0

Minahasa, PALAKAT.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggelar kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM di Balai Desa Talikuran, Kecamatan Remboken, Rabu (22/11/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Lynda Watania dalam arahan saat menutup kegiatan menyampaikan UMKM ini masih dalam tahap kecil usahanya namun apabila dikumpulkan akan menjadi kekuatan yang sangat besar dan luar biasa dalam mendongkrak perekonomian daerah, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan dan lain sebagainya.

“Oleh sebab itu pemerintah daerah sangat butuh kehadiran para pelaku UMKM karena semakin banyak maka akan semakin terlihat perputaran roda perekonomian di daerah,” ujar Sekda Lynda.

Dikatakannya, UMKM lebih kepada pengembangan individu, karena pemerintah hanya mengeluarkan kebijakan dan peluang tetapi yang akan melakukan aktifitas usaha adalah para pelaku UMKM.

Jadi yang harus ditumbuhkan adalah kemauan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman hingga usaha yang dilakukan boleh semakin berkembang lebih besar dan akhirnya bisa diajukan ke iven nasional maupun internasional.

“Jadi pada prinsipnya pemerintah sangat mendukung kegiatan ini di bawah koordinasi Dinas Koperasi dan pemerintah kecamatan dalam mencari bibit baru pelaku usaha yang serius, pelaksanaannya bagus apalagi sudah dikerjakan dengan bantuan teknologi,” jelas Watania.

Ia mengutip pernyataan gubernur Sulut bahwa dengan modal 20 juta rupiah, para pelaku UMKM sudah bisa menggerakkan usahanya dan memberi lapangan kerja bagi orang lain.

Adapun agar usaha dari para pelaku UMKM bisa diketahui dan diakui oleh masyarakat maka harus dibawah koordinasi Dinas Koperasi dan UMKM hingga produk usahanya adalah produk yang terstandarisasi.

Pemerintah berharap agar para pelaku usaha bukan hanya berkiprah di lokasi yang kecil namun bisa mengembangkan usahanya hingga dikenal luas bahkan sampai ke luar negeri.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memberi masukan kepada bapak ibu saudara sekalian dan mempunyai komitmen semangat dalam menjalani usaha yang tidak mengenal kata tua atau terlambat. Minimal bisa mendukung perekonomian keluarga, dan mari kita selalu berdoa dan bersyukur agar selalu dibukakan jalan, diberkati, diberikan kesehatan dan kekuatan dalam berusaha,” pungkas Watania menutup kegiatan.

Sementara, Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Minahasa, Siby Sengke mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak para pelaku UMKM agar lebih meningkatkan usaha mereka agar dapat memberikan nilai tambah bagi keluarga dan nasyarakat sekitarnya.

“Pemerintah melalui instansi terkait tentunya akan memberikan dukungan dan memfasilitasi para pelaku usaha yang akan mengurus keperluannya dan diharapkan agar dapat berkoordinasi jika ada hubungannya dengan Dinas Koperasi,” tandas Siby Sengke.

Turut Hadir dalam kegiatan, Camat Remboken, Viktor Sengke, dan jajaran, Jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Minahasa, Hukumtua desa Talikuran, Jouke Tielung, serta para pelaku UMKM se-kecamatan Remboken.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini