Beranda Berita Terkini Pemkab Minahasa Gelar GPM di Desa Paslaten Kakas Jelang Perayaan Natal

Pemkab Minahasa Gelar GPM di Desa Paslaten Kakas Jelang Perayaan Natal

158
0

Minahasa, PALAKAT.id – Pemkab Minahasa menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Desa Paslaten Kecamatan Kakas, Kamis (21/12/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Kumendong mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemkab Minahasa dan Provinsi Sulawesi Utara.

GPM ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dengan lonjakan harga pangan di pasaran.

“Ini merupakan perhatian pemerintah untuk masyarakat, apalagi saat menjelang perayaan Natal sudah dekat sehingga dengan pangan murah ini kiranya dapat meringankan beban masyarakat,” ujar Kumendong.

Lebih lanjut, Pj Bupati menjelaskan untuk gerakan pangan murah ini ada lima titik di Kabupaten Minahasa. Pada dasarnya semua kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab Minahasa untuk kesejahteraan masyarakat.

“Di Minahasa ada lima titik gerakan pangan Murah seperti ini, antara lain Kecamatan Kakas, Kombi, Tondano, Tombariri dan Langowan Timur,” terang Kumendong.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Minahasa juga menyerahkan bantuan keluarga yang terkena bencana kebakaran. Menurut Kumendong, memang bantuan agak lama untuk dapat diterima oleh keluarga yang terdampak.

“Memang mengenai bantuan bencana tidak semerta merta setelah ada bencana maka bantuan langsung diterima, karena itu semua ada proses. Karena, Pemkab harus mengikuti aturan yang sudah ada agar kedepan tidak akan ada masalah, namun yang pasti semua keluarga yang terdampak bencana dan telah dilaporkan akan menerima bantuan dari Pemkab, namun harus melalui proses,” tandas Kumendong.

Senada dengan Bupati Minahasa Jemmy Kumendong, Kadis Pangan Minahasa, Teddy Sumual mengapresiasi antusiasme warga untuk membeli pangan murah, karena gerakan pangan murah ini merupakan program Pemkab untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi objek bantuan pemerintah.

“Tugas pokok pemerintah bagaimana memikirkan akan kesejahteraan masyarakat. Nah, program ini salah satunya untuk meringankan beban. Apalagi, pasca kemarau panjang pastinya semua harga pangan dan barang melonjak karena permintaan yang lebih namun bahan mengalami kekurangan. Maka, Pemkab mengambil langkah langkah penting, guna mengatasi akan semua permasalahan di masyarakat,” jelas Sumual.

Kadis Pangan juga menyampaikan, untuk harga satu paket antara lain satu bak telur ayam, dua kilo beras premium dan satu liter minyak kelapa, masyarakat hanya membayar 80 ribu.

“Harga ini jika dibandingkan dengan harga yang ada di pasar memang jauh di bawah harga pasar. Dan Dinas Pangan dalam gerakan pangan murah ini membawa 220 bak telur ayam, 260 kantong beras dan 127 liter minyak kelapa,” kata Sumual.

Sementara itu, Hukumtua Desa Paslaten Kecamatan Kakas, Waldo Lakoy memberikan apresiasi positif kepada Pemkab Minahasa dengan segala perhatian ke Desa Paslaten. Dengan adanya gerakan pasar murah pasti akan meringankan masyarakat.

“Pemdes Paslaten berterima kasih kepada Pemkab Minahasa khususnya Pj Bupati Minahasa Jemmy Kumendong yang selalu memberikan perhatian kepada warga Paslaten. Kedepan, Pemdes Paslaten dan masyarakat selalu mendukung akan program Pemkab Minahasa demi berhasilnya pelayanan publik,” pungkas Lakoy. Turut hadir Kadis Sosial, Kadis Perikanan dan Kelautan, Staf khusus.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini