Beranda Berita Pilihan Pangdam XIII/Merdeka Buka Kegiatan Pemeliharaan Dan Pembersihan Danau Tondano

Pangdam XIII/Merdeka Buka Kegiatan Pemeliharaan Dan Pembersihan Danau Tondano

398
0

Minahasa, PALAKAT.id – Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Wanti Waraney F Mamahit membuka secara resmi program Pemeliharaan dan Pembersihan Danau Tondano, di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, Senin (30/8/2021).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) I dan Kodam XIII/Merdeka.

Dalam sambutannya, Mamahit mengatakan, kegiatan ini butuh komitmen semua pemangku kepentingan termasuk partisipasi masyarakat yang sangat krusial.

Kegiatan pembersihan dan pemeliharaan dilakukan baik secara fisik yakni dengan mengangkat eceng gondok di areal seluas 320 ha dan pengangkatan sedimen serta non fisik berupa sosialisasi kepada masyarakat manfaat pemeliharaan, bakti sosial dan vaksinasi Covid-19 yang akan berlangsung hingga Bulan Desember mendatang.

“Diharapkan pada 1 Desember 2021 pengangkatan seluruh gulma air (eceng gondok) yang tumbuh di danau Tondano selesai,” jelasnya.

Mamahit berharap masyarakat sekitar danau dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat yang bermukim di sekitar danau Tondano ikut berperan aktif membantu kegiatan ini dengan mengerahkan perahu-perahu motor mereka,” ujarnya.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini