Beranda Berita Terkini Kasdim 1302/Minahasa Hadiri Pencanangan Pemasangan Patok Sempadan Danau Tondano

Kasdim 1302/Minahasa Hadiri Pencanangan Pemasangan Patok Sempadan Danau Tondano

147
0

Minahasa, PALAKAT.id – Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Vino Satria Onibala mewakili Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mutakbir menghadiri kegiatan Pecanangan Pemasangan Patok Sempadan Danau Tondano yang digelar di tepi Danau Tondano lebih tepatnya di Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (13/9/2023).

Tujuan penetapan garis sepadan danau adalah fungsi danau tidak terganggu oleh aktifitas yang berkembang di sekitarnya, kemudian kegiatan pemanfaatan dan upaya peningkatan nilai manfaat sumber daya yang ada di sungai dan danau dapat memberikan hasil secara optimal sekaligus menjaga kelestarian fungsi sungai dan danau, serta daya rusak air danau terhadap lingkungannya dapat dibatasi.

Pada kesempatan ini Bupati Minahasa Royke Octavian Roring memberikan sambutan atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

“Danau Tondano merupakan aset negara yang harus kita lestarikan dan jaga bersama, Danau Tondano merupakan sumber ekonomi dan sumber air bersih bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri ATR/BPN bidang Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan Sartin Hia juga dalam acara yang sama memberikan sambutan menjelaskan, dalam melaksanakan program pemerintah pusat untuk menjaga kelestarian danau yang ada di Indonesia

“Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian Danau Tondano yang merupakan sumber perekonomian masyarakat yang di Kabupaten Minahasa,” jelasnya.

Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Steven Kandow, Danau Tondano merupakan aspek yang sangat penting bagi masyarakat.

“Maka dari itu mari kita jaga bersama akan kelestarian Danau Tondano, dengan adanya sempadan pemasangan patok, pemerintah mempunyai kekuatan hukum dalam melindungi Danau Tondano,” ujar wagub.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kajati Sulut Andi Muhammad Taufik, Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Pol Didik Agung Wijarnako, Inspektur Jendral Kementrian PUPR RI T Iskandar, Dirjen SDA PUPR RI Bob Arthur Lombogia, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, Pangdam XIII/Mdk yang diwakili oleh Asintel Kasdam Kolonel Kav Muhammad Syarifudin, mewakili Danlanud Sri Manado Kadipotdirga Kolonel Pas Purwadi, mewakili Kapolda Sulut Irwasda Kombes Pol Bayu, Kepala BNN Sulut Kombes Pol Pitra A. Ratulangi, Kepala Basarnas Manado Monce Bruri, mewakili Danlantamal VIII Manado Dandenma Lantamal VIIILetkol Laut Fritsel Gosal, mewakili Kepala Zona Bakamla Tengah Analis Kebijakan Letkol Bakamla Hermawan, Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana, Kajari Minahasa Dicky Oktavia, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini