Beranda Berita Terkini Dengan Tiga Layanan Ini, Peserta JKN-KIS Tidak Perlu Ke Kantor BPJS Kesehatan...

Dengan Tiga Layanan Ini, Peserta JKN-KIS Tidak Perlu Ke Kantor BPJS Kesehatan Manado

691
0

Manado, PALAKAT.id — Jaminan Kesehatan Kantor BPJS Kesehatan Kota Manado tidak hanya memberikan pelayanan kepada para peserta yang sakit saja.

Ternyata bagi mereka peserta JKN-KIS juga mendapatkan keuntungan dari pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Manado dan sekitarnya.

BPJS Kesehatan Kota Manado sudah bekerja sama dengan sejumlah pelaku UMKM hingga hotel untuk memberikan keuntungan kepada peserta JKN-KIS.

Menurut Kepala Cabang BPJS kota Manado, dr Meryta Rondonuwu, kerja sama yang dibuat bersama UMKM untuk bertahan di masa pandemi Covid-19.

“Ya kami bekerja sama dengan para sektor UMKM. Dalam upaya untuk meningkatkan usaha di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Program JKN-KU adalah kerjasama hasil dengan beberapa klinik, rumah makan, hotel dan rumah kopi.

“Untuk mendapatkan benefit tambahan di UMKM yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, peserta wajib menunjukkan aplikasi Mobile JKN, dan memastikan kepesertaan aktif,” jelasnya.

Lanjut Rondonuwu mengungkapkan, di tengah kondisi pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan menyediakan kanal-kanal layanan tidak langsung yang dapat dimanfaatkan peserta yaitu Pandawa, aplikasi Mobile JKN, Care Center 1500 400 dan Whatsapp ke Chika di nomor 08118750400.

“Dengan adanya kanal layanan ini, peserta JKN-KIS bisa melakukan administrasi kepesertaan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Ditambahkan Meryta, layanan tanpa tatap muka ini, sudah dimulai sejak awal pandemi.

“Saat ini kami menggiatkan kanal-kanal layanan tanpa tatap muka karena kami fokus kepada peserta yang kesulitan melakukan update data karena khawatir dengan kondisi pandemi yang berkepanjangan,” tuturnya.

Khusus layanan Mobile JKN, kata Rondonuwu saat ini pemanfaatannya belum maksimal di wilayah kerja BPJS Kesehatan Manado.

“Sehingga kami merasa perlu untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi ini kepada masyarakat. Karena yang memanfaatkan layanan Mobile JKN di Kota Manado baru sekitar 10 persen dari jumlah kepesertaan,” pungkasanya.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini