Manado, PALAKAT.id – BPJS Kesehatan menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama mudik Lebaran 2025.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, Betsy Roeroe menyampaikan bahwa pihaknya mengedepankan nilai INISIATIF (Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima, dan Inovatif) untuk memastikan akses layanan kesehatan tetap terjaga.
“Meskipun ada cuti bersama dan libur Lebaran, BPJS Kesehatan tetap siap memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi peserta yang membutuhkan,” kata Betsy dalam konferensi pers yang digelar di Aula Kantor BPJS Kesehatan Manado pada Kamis (20/3/2025).
Untuk memudahkan peserta, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai saluran komunikasi yang dapat diakses selama 24 jam, seperti layanan Pandawa melalui nomor 08118165165, aplikasi Mobile JKN, call center 165, atau laman resmi bpjs-kesehatan.go.id.
“Melalui aplikasi Mobile JKN, peserta dapat memperoleh informasi terkait kepesertaan dan layanan kesehatan yang tersedia di seluruh Indonesia,” ujar drg. Betsy.
BPJS Kesehatan juga memastikan bahwa layanan BPJS Satu dan petugas piket di fasilitas kesehatan (faskes) tetap siaga selama libur Lebaran untuk membantu peserta yang membutuhkan.
Lebih lanjut, drg. Betsy mengingatkan peserta JKN yang sedang mudik untuk memanfaatkan layanan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdekat, dengan ketentuan maksimal tiga kali per bulan.
Ini bertujuan agar peserta tetap mendapatkan layanan medis tanpa hambatan meskipun berada di luar domisili.
“Selama mudik, pastikan kondisi kesehatan tetap terjaga, bawa perlengkapan medis yang diperlukan, dan yang paling penting, nikmati perjalanan dengan bahagia,” tambahnya.
Dengan berbagai kemudahan layanan yang disiapkan, BPJS Kesehatan memastikan bahwa para peserta dapat menikmati perjalanan mudik dengan tenang, terlindungi, dan mendapatkan akses layanan kesehatan yang optimal selama Lebaran 2025.(pid)