Beranda Berita Terkini Bertindak Sebagai Irup, Dandim 1302/Minahasa Bacakan Amanat Pangdam XIII/Merdeka

Bertindak Sebagai Irup, Dandim 1302/Minahasa Bacakan Amanat Pangdam XIII/Merdeka

104
0
Dandim 1302/Minahasa saat membacakan amanat Pangdam XIII/Merdeka.(pid)

Minahasa, PALAKAT.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa melaksanakan upacara bendera 17-an yang digelar di halaman Makodim, Jalan Manguni, Sasaran, Tondano Utara, Minahasa, Sulawesi Utara, pada Senin (18/7/2023) pagi.

Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mutakbir secara langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara (DanUp) adalah Danramil 1302-12/ Belang Kapten Inf Michael Rawung, dan yang bertugas sebagai pengibar Bendera Merah Putih adalah Sersan Satu (Sertu) Wolter Raku, Sertu Wiyono, dan Kopda I Putu Erik.

Dalam pelaksanaan Upacara 17-an juga dilaksanakan pembacaan Undang-undang Dasar 1945 oleh Sersan Kepala (Serka) Marten Yahya Sarean, pengucapan Sapta Marga oleh Serka Dani Pilipus, dan pembacaan Panca Prasetyo Korpri oleh Pegawai Negri Sipil (PNS) Kodim 1302/Minahasa Sunaryo.

Dandim Letkol Inf Mutakbir dalam kegiatan upacara membacakan amanat Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Legowo W. R. Jatmiko.

“Para perwira, bintara dan tamtama, serta segenap PNS Kodam XIII/ Merdeka yang saya cintai dan saya banggakan, marilah kita memanjatkan puji dan syukur yang tiada henti-hentinya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segenap limpahan rahmat dan karunia- Nya, sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan Upacara Bendera 17-an bulan September 2023 dengan tertib dan khidmat,” ungkapnya.

Melanjutkan amanat Pangdam, Dandim mengatakan, para prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka yang dibanggakan, profesionalisme prajurit TNI adalah suatu keniscayaan, baik yang berdinas di Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur), Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin),  maupun yang di satuan Teritorial ( SatTer).

“Dengan demikian, jangan pernah berhenti menempa diri untuk terus berkembang menjadi prajurit-prajurit Kodam XIII/Merdeka yang profesional di bidangnya masing-masing, prajurit Kodam XIII/Merdeka harus menjadi  seorang patriot NKRI yang profesional dan siap mendukung pembangunan nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dandim menekankan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika  dalam pelaksanaan tugas serta dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, sadari bahwa Kodam XIII/Merdeka adalah tempat kita bernaung saat ini. Jaga harkat dan martabat serta wibawa Kodam XIII/Merdeka dengan segenap hati dan perbuatan.

Ketiga, laksanakan semua tugas dengan niat berbuat yang terbaik,  berani, tulus dan ikhlas demi kejayaan Kodam XIII/Merdeka.

Keempat, cintai dan rawat satuanmu.  satuan yang rapi, indah dan bersih adalah cermin jiwa prajurit yang penuh  semangat. Tumbuhkan rasa memiliki  terhadap satuanmu, sehingga tugas  untuk merawat satuan bukan hanya sekedar melaksanakan perintah, tetapi karena rasa ikhlas yang tumbuh dari lubuk hati yang terdalam.

Kelima, bersama seluruh komponen bangsa yang ada di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah, mari  kita semua bersinergi, bahu-membahu dengan seluruh komponen bangsa,  mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini