Beranda Berita Terkini Lapas Tondano Sediakan 2 TPS Lokasi Khusus Pemilu 2024

Lapas Tondano Sediakan 2 TPS Lokasi Khusus Pemilu 2024

178
0

Minahasa, PALAKAT.id – Pesta demokrasi pemilu 2024 tinggal dua hari lagi, semua masyarakat Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Tidak terkecuali Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano dengan semua warga binaannya akan menggunakan hak suaranya.

“Dalam Pemilu 2024 di Lapas Tondano akan menyediakan 2 TPS lokasi khusus yaitu TPS 901 dan 902 untuk semua warga binaan yang ada di Lapas Tondano,” kata Kalapas Tondano, Yulius Paath, Senin (12/2/2024).

Dia menjelaskan, total keseluruhan narapidana Lapas Tondano sampai saat ini tanggal 12 Februari 2024 berjumlah 488 orang ditambah pegawai yang memilih disini ada sekitar 20 orang artinya ada 508 orang pemilih.

“Dari 508 itu, memang dinamika khusus penghuni daftar pemilih tambahan (DPTb) sangat tinggi, jika berdasarkan penetapan pleno DPT Juni 2023 pemilih sejumlah 450 tetap kita pertahankan kertas suaranya. Tapi kita update yang bebas. Yang bebas inilah ada sekitar 70an, jadi Dptb-nya kurang lebih seperti itu,” jelas Yulius.

Selain itu, dirinya juga mengatakan, KPU dan Bawaslu Minahasa sudah melaksanakan sosialisasi terkait DPTb dan mekanismenya agar WBP mengerti dan memahami termasuk cara pencoblosan.

“Jika ada kekurangan kertas suara, sudah difasilitasi oleh KPU Minahasa dengan mengambil dari TPS di luar dan rekapitulasi di luar,” pungkasnya.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini