Beranda Berita Terkini KPU Minahasa Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2024

KPU Minahasa Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2024

303
0

Minahasa, PALAKAT.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan kampanye rapat umum pada pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024, Kamis (18/1/2024).

Ketua KPU Minahasa Rendy Suawa yang diwakili Ketua Divisi Hukum dan PengawasanAprila Regar saat membuka rakor mengatakan, rakor ini dilaksanakan karena tahapan pemilu sedang berjalan dan tahapan kampanye untuk rapat umum ini dibagi berdasarkan zona.

“Untuk Sulawesi Utara dimulai pada tanggal 21 Januari, maka KPU mengadakan rakor untuk membahas jadwal dan lokasi kampanye rapat umum untuk dibahas bersama, untuk dimintakan pendapat dan masukan dalam proses KPU Minahasa akan menetapkan SK jadwal kampanye rapat umum bagi tim kampanye dan partai politik,” jelas Aprila.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Arif Kurniawan mengatakan, terkait lokasi dan titik kampanye rapat umum tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun partai politik.

“Kami sudah membahas titik lokasi kampanye rapat umum dan sudah disepakati aturannya. Kami akan membuat surat keputusannya yakni tanggal 20 atau satu hari sebelum masa kampanye rapat umum yang dimulai 21 Januari dan berakhir 10 Februari 2024,” ujar Arif.

Sedangkan, Ketua Bawaslu Minahasa, Lord Arthur Malonda saat memberikan materi menyampaikan tentang pengawasan rapat umum, memberi catatan penting terkait penggunaan fasilitas umum saat kampanye rapat umum nanti.

“Catatan penting yang ingin kami sampaikan yakni terkait lokasi yang menjadi titik kampanye rapat umum. Jika menggunakan fasilitas pemerintah itu tentu tidak masalah, sedangkan milik swasta itu harus berkoordinasi dengan pemiliknya. Jangan sampai kita sudah menetapkan jadwal kampanye dan tidak diizinkan pemilik lahan. Itu yang harus diperhatikan,” tandasnya.

Turut hadir dalam rakor ini di antaranya perwakilan partai politik, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri, dan para camat se-Kabupaten Minahasa.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini