Beranda Berita Pilihan Kadis Kominfo Erwin Kontu Bekali Pelaku UMKM di Manado Dengan Materi Literasi...

Kadis Kominfo Erwin Kontu Bekali Pelaku UMKM di Manado Dengan Materi Literasi Digital

371
0

Manado, PALAKAT.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Balai Pengembangan Sumbet Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado melaksanakan Pelatihan Digital Talent Scholarship, Digital Entrepreneurship Academy dengan tema ‘Pengelolaan Keuangan Digital’, bertempat di Luwansa Hotel And Convention Center Manado, Selasa (8/2/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Manado Erwin Kontu menyampaikan materi Literasi Digital.

Kontu menjelaskan perkembangan penggunaan internet di Indonesia telah mencapai 73,7 persen atau 202,6 juta pengguna aktif. Sedangkan pengguna layanan mobile 345,3 juta dengan 61,8 persen pengguna aktif mengakses media sosial.

“Sayangnya dunia internet saat ini semakin dipenuhi konten negatif seperti berita bohong, ujaran kebencian, dan radikalisme, bahkan praktik-praktik penipuan,” jelas Kontu.

Lebih lanjut, Kontu menjabarkan bahwa pemerintah harus berperan dalam memenuhi hak publik di bidang informasi sebagaimana tertera dalam UUD 1946 Pasal 28f.

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengelola informasi dengan segala jenis saluran,” kata Kontu.

Selain itu, menurut Kontu pengguna internet didorong untuk cakap dalam mengakses, menyaring, memahami, menganalisa, dan memverifikasi setiap informasi yang ada.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi Soni Sondakh dan UMKM serta sekitar seratu pelaku UMKM yang ada di Kota Manado.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini