Beranda Berita Terkini DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT Ke-595 Minahasa

DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT Ke-595 Minahasa

146
0

Minahasa, PALAKAT.id – DPRD Minahasa menggelar rapat paripurna dalam rangka HUT ke-595 Kabupaten Minahasa, di Gedung Wale Ne Tou, Senin (6/11/2023).

Rapat paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Glady Kandouw didampingi wakil ketua Okstesi Runtu dan Denny Kalangi dan dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumemdong didampingi Ketua TP-PKK Djeneke Kumendong Onibala bersama Sekda Lynda Watania dan seluruh jajaran pejabat Minahasa.

Sidang paripurna DPRD ini dalam rangka HUT ke-595 mengambil tema “Minahasa Melaju Semakin Hebat” dirangkaikan dengan upacara penganugerahan gelar adat bagi putra-putra terbaik Minahasa diiringi dengan tarian adat kabasaran.

Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE saat memimpin jalannya sidang paripurna dewan, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Asisten III Setdaprov Sulawesi Utara Dr Fransikus Manumpil, SPi mewakili Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw yang sudah hadir pada rapat paripurna DPRD Minahasa dalam rangka memperingati hari jadi Minahasa.

“Mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur, Asisten III Setdaprov Sulawesi Utara Fransikus Manumpil, sudah hadir di acara peringatan HUT Minahasa diucapkan selamat datang di Tanah Toar Lumimuut serta kehadiran bapak/ibu undangan sekalian, saya atas nama DPRD Minahasa menyambut dengan suka cita dengan penuh iman,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong dalam sambutannya menyampaikan peringatan hari jadi Minahasa pada setiap tanggal 5 November, telah disepakati bersama sebagai bagian dari refleksi sejarah dan mengandung nilai yang sangat mendasar yang diwariskan oleh pahlawan Nasional putta Minahasa DR. G.S.S.J Ratulangi, dengan falsafah perjuangan beliau ” Si tou timou tumou tou”, artinya Manusia lahir untuk memanusiakan sesama manusia.

Menurut Kumendong, dalam dinamika mengiringi perjalanan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan di tanah Minahasa selang 595 Tahun, senantiasa merefleksikan beragam keberhasilan, juga mencatat sejumlah persoalan dam tantangan yang menjanjikan peluang dan harapan yang secara signifikan telah memberikam kontribusi perubahan wajah kabupatem tercinta ini.

“Saya harapkan kepada seluruh komponen masyarakat Minahasa, untuk bersama-sama menggelorakan terus semangat yang terkandung dala gerakan nasional kerja nyata. Demikianlah sambutan saya, pada kesempatam yang berbahagia ini semoga Tuhan yang maha kasih dan kuasa akan senantiasa menganugerhkan berkat dan rahmat bagj kitabsekalian dalam berkarya guna membangun Minahasa tercinta,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Asisten III Dr Fransikus Manumpil, SPi membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulut.

Usai sambutan Gubernur tertulis, kemudian pemasangan lilin pertanda hari jadi Minahasa ke 595 sudah dilaksankan dan saat itu juga dipadamkan karena berbagai kegiatan memperingati hari bersejarah sudah bergulir.

Dengan berakhirnya Rapat Paripurna DPRD Minahasa dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke 595. Untuk itu, ketua Dewan Glady Kandouw, mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir pada hari bersejarah Kabupaten Minahasa ini.

Hadir pada Hari Jadi ke-595, Forkopimda Provinsi Sulut, Kapolda yang mewakili, Pangdam XIII Merdela atau yang mewaili, ketua Pengadilan Tinggi mewakili, Danlantamal VII Sulut mewakili, Danlanit Samrat Manado mewakili, Danrem 131 Santiago Brigjen TNJ Wahyono, Kepala BNN Brigjen Pol Pitra Ratulangi, Kepala BIN Sulut Brigjen TNI Raymond Marojanes.

Kemudian hadir Bupati dan Walikota se-Sulut, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sulut dan rekan-rekan pimpinan dan anggota DPRD Minahasa bersama Forlopimda Minahasa serta Sekertaris BPMS Pdt Evert Tangel.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini