Beranda Berita Terkini Bupati Minahasa dan Buton Akan Jalin Kerja Sama di Bidang Perikanan

Bupati Minahasa dan Buton Akan Jalin Kerja Sama di Bidang Perikanan

146
0

Bupati Minahasa Royke Roring bersama Bupati Buton Basiran.(ist)

Minahasa, PALAKAT.id – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) menerima kunjungan erja (kunker) Bupati Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, Basiran, di Desa Senduk, Kecamatan Tombariri, Minggu (16/4/2023).

Bupati Buton dalam kunker di Kabupaten Minahasa ini didampingi istri Deisy Natalia Rompas, bersa Anggota DPRD Buton dan Kadis Kelautan Perikanan.

Dalam Kunker Bupati Buton bersama rombongan ini diterima baik oleh bupati ROR. Dikatakannya, kunjungan Bupati Buton ini sebagai implementasi keikutsertaan mereka sebagai peserta Konferensi Kelautan Dunia di Panama beberapa waktu lalu.

“Pemkab Minahasa bersama Pemkab Buton akan menjalin kerjasama di bidang perikanan,” kata ROR.

Selain itu, salah satu topik yang di bicarakan terkait penggunaan dana desa. Dimana Kabupaten Buton telah menerbitkan Peraturan bupati (Perbup) yang disetujui oleh Kementerian Desa, tentang penggunaan Dana Desa untuk nelayan.

“Terkait DD, nantinya Pemkab Minahasa akan melakukan konsultasi dengan kementerian desa terkait penggunaan dana desa, agar bisa digunakan oleh nelayan dalam bidang perikanan,” jelas ROR.

Kedepan, Pemkab Minahasa akan mengirimkan perwakilan nelayan untuk mengunjungi dan mempelajari pengelolaan perikanan di Kabupaten Buton.

“Hal ini, demi membantu dan menambah wawasan para nelayan di masing masing daerah,” pungkasnya.

Diketahui, Pj Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, Basiran dan Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, Royke Octavian Roring mewakili Indonesia dalam Konferensi Kelautan bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence yang digelar di Panama City, Republik Panama, Amerika Tengah, pada 2 hingga 5 Maret 2023 lalu.

Bupati Minahasa dan Bupati Buton juga mengikuti Side Events Panama Convention Center Pemerintah Daerah & Nelayan Skala Kecil yang membahas Kerja Sama Pengelolaan untuk Masyarakat Pesisir.

Turut mendampingi Bupati ROR, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, Kadis PM PTSP Mekry Sondey, Kepala Bappelitbangda Philip Siwi, Kadis PUPR Daudson Rombom, Kadis Damkar John Kapoh, Kadis Kelautan Perikanan Lendy Aruperes, Camat Tombariri David Suluh, Para Hukum Tua se-Kecamatan Tombariri, dan Kelompok Nelayan.(pid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini